Samsung berencana bangun pabrik di Indonesia, rencananya pabrik Samsung Electronics Indonesia tersebut akan dibangun di Cikarang. Untuk membangun pabrik perakitan ponsel di Indonesia, Samsung harus merogoh kocek dalam-dalam. Tidak tanggung-tanggung, PT. Samsung Electronics Indonesia menginvestasikan Rp 307 miliar hanya untuk membangun sebuah perakitan pabrik. Nominal yang disebutkan itu adalah investasi Samsung sebagai tahap awal pembangunan pabrik.

Peraturan dari Kementrian Perindustrian yang baru dikeluarkan beberapa bulan yang lalu itu mengharuskan semua perusahaan ponsel luar negeri untuk membangun pabrik sendiri di Indonesia. Aturan tersebut terkait dengan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri), dimana dalam peraturan tersebut mengharuskan kandungan materi sebesar 30 persen berasal dari Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan ponsel raksasa seperti Samsung sudah mengambil langkah untuk memenuhi aturan terbaru dari Kementrian Perindustrian.

Diharapkan dengan dibangunnya pabrik Samsung Electronics Indonesia di Cikarang akan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia. Tentunya pembangunan pabrik perakitan ponsel Samsung di Indonesia ini juga akan mengatasi masalah pengangguran yang menjadi salah satu topik utama di Indonesia. Selain itu, dibangunnya pabrik Samsung Electronics Indonesia juga dapat menumbuhkan perkembangan industri komponen telepon seluler.

Seperti dilansir dari Reuters, disebutkan bahwa pabrik Samsung yang akan dibangun di Cikarang ini mampu memproduksi 1 – 1,5 unit smartphone perbulan. Tidak disebutkan kapan pabrik Samsung Electronics Indonesia ini akan dibangun. Namun kabar ini merupakan sebuah langkah awal bagi kemajuan perindustrian di Indonesia.