Menyulap Samsung Galaxy S8 Menjadi PC Dengan Samsung DeX

Dengan Samsung Dekstop Experience, Samsung Galaxy S8 bisa berubah menjadi PC

0

Samsung Electronics secara resmi meluncurkan dua ponsel cerdas andalannya, Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Sejumlah fitur baru pun telah disiapkan perusahaan Korea Selatan untuk kedua flagship smartphone. Salah satu di antaranya adalah Samsung DeX, seperti dilansir dari The Verge (30/3/2017).

Samsung-DEX
Samsung DeX (Gambar : Pocket Now)

Samsung DeX

Bagi sobat yang belum mengetahui, apa itu Samsung Dex? Samsung Dekstop Experience, atau yang sering disingkat Samsung Dex adalah sebuah aksesori dock pada Samsung Galaxy S8 yang mampu merubah ponsel cerdas menjadi dekstop PC.

Sebuah dock khusus, yang terlihat seperti tempat lilin. Dock ini mampu memonitor koneksi melalui HDMI, keyboard, mouse, dan dua port USB, yang digunakan untuk membantu memperluas kemampuan Samsung S8.

Samsung-DeX-Station
Samsung DeX Station (Gambar : Tech News Inc)

Kinerja PC Samsung Galaxy S8

Untuk memaksimalkan kinerja PC, dock Galaxy S8 bahkan memiliki kipas pendingin khusus. Sama seperti PC, fungsi kipas ini adalah membantu menjaga agar Samsung Galaxy S8 tetap dingin. Terutama ketika sobat menggunakannya untuk menampilkan aplikasi Android pada monitor, serta koneksi USB-C.

Dekstop Samsung Galaxy S8

Mode desktop Samsung S8 dilengkapi dengan aplikasi drawer di bagian samping. Mode ini mendukung aplikasi Android dengan akses penuh ke pemberitahuan dan jendela yang resizeable.

Chrome OS

Seluruh tampilan dekstop akan sedikit terlihat seperti Chrome OS. Meskipun, tidak ada browser desktop penuh di sini. Artinya, sobat memiliki keterbatasan untuk menjalankan aplikasi Android yang didukung pada layar lebih besar.

Google Play Store

Sebagian besar aplikasi di Google Play Store, memang tidak dioptimalkan untuk jenis penggunaan ini. Sementara untuk browser Samsung, Microsoft Office dan Adobe mampu bekerja dengan baik. Akan tetapi, sebagian besar akan terlihat seperti aplikasi telepon membentang di layar lebar.

VMware

Perusahaan Korea Selatan tersebut bermitra dengan VMware untuk membawa aplikasi virtual desktop Windows untuk Samsung DeX. Aplikasi ini akan mengarahkan pada sesi streaming virtual. Oleh karena itu, jelas akan membutuhkan koneksi internet. Semakin lancar koneksi internet, maka streaming akan semakin bagus.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.