by

Sebelum Pakai, Kenali Karakteristik dari Jenis-jenis Sabun Mandi

Sabun mandi merupakan salah satu produk kebersihan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Produk body care ini pastinya akan selalu masuk dalam list belanja bulanan. Penggunaan sabun mandi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit sangatlah penting. Layaknya produk skincare pada umumnya kamu pun perlu memilih produk body care yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Seperti sabun mandi misalnya. Produk satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. Mulai dari jenis sabun batang hingga cair. Namun, mungkin kamu kadang bertanya-tanya. Sebenarnya apa sih perbedaan dari jenis sabun yang satu dengan sabun lainnya? Agar kamu tidak bingung sampai salah memilih sabun mandi, yuk cari lebih lanjut mengenai jenis sabun mandi.

Jenis-jenis Sabun Mandi

Tidak sedikit orang merasa bimbang saat memilih sabun mandi. Wajar saja apabila terjadi mengingat jenis-jenis sabun yang tersedia di pasaran memang sangat beragam. Yuk, kenali jenis sabun mandi.

  1. Sabun Batang

Sabun batang adalah salah satu jenis sabun mandi yang bisa dikatakan sangat populer.  Sabun jenis ini sangat digemari oleh masyarakat karena harganya yang tergolong murah dan penyimpanan yang mudah. Adapun jenisnya  sangat beragam, mulai dari sabun batang antibakteri hingga sabun batang yang berfungsi sebagai pelembab kulit.

Kelebihan utamanya terletak pada nilai hematnya sehingga sangat cocok untuk kamu yang menjadikan budget sebagai faktor utama dalam memilih sabun. Selain harganya yang relatif murah, sabun jenis ini tidak mudah habis dan tahan lama. Namun kamu perlu ingat jika sabun batangan ini tidak bisa digunakan untuk wajah dalam jangka panjang. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan pelembabnya tidak banyak sehingga berisiko membuat kulit wajah menjadi kering.

  1. Sabun Cair

Sabun cair merupakan jenis sabun mandi lainnya yang tidak kalah populer. Sabun cair disukai banyak orang karena penggunaannya lebih praktis dan nilai higienisnya lebih terjamin. Kamu bisa membeli sabun jenis ini dalam bentuk botol atau kemasan Refill sesuai kebutuhan. Teksturnya yang kental dan wangi hingga menjelang habis.

Hal tersebut tentu saja sangat berbeda dengan sabun mandi jenis batangan yang aromanya akan berkurang saat ukurannya mulai mengecil. Untuk fungsi sabun cair sendiri bisa dikatakan mirip dengan sabun batang hanya berbeda dari segi bentuk saja. Tidak sedikit pula sabun cair mengandung scrub yang memiliki fungsi mendukung proses pelepasan sel kulit mati atau eksfoliasi. Jenis sabun cair ini bisa menjadi pilihan kamu yang menitikberatkan nilai kepraktisan dan efisiensi sebagai pertimbangan dalam memilih sabun mandi.

  1. Sabun Mandi Khusus

Sesuai dengan namanya, sabun mandi ini diperuntukkan khusus bagi orang yang mengidap penyakit kulit tertentu seperti eksim dan alergi. Lalu apa manfaat sabun mandi? Umumnya sabun mandi khusus ini mengandung bahan dasar glycerin atau gula sehingga memiliki warna yang transparan. Tidak hanya itu saja, ada juga sabun mandi yang mengandung sulfur atau belerang yang dipercaya efektif mengatasi masalah kulit. Bahan herbal pun Juga kerap ditambahkan dalam membuat sabun mandi khusus.

Walaupun begitu jenis sabun ini tidak dianjurkan untuk digunakan sehari-hari jika kulit kamu berada dalam kondisi normal, karena kandungan bahan kimia yang ada untuk pengobatan bisa jadi mempengaruhi kondisi kulit normal kamu.

Bagaimana? Apakah jenis sabun mandi yang kamu gunakan selama ini sesuai dengan kebutuhan kulitmu? Hal yang perlu kamu ingat, apapun jenis sabun yang kamu gunakan pastikan bahwa produk tersebut memang efektif melindungimu dan keluarga dari kuman penyebab penyakit yang sangat mudah menempel pada kulit. Kamu bisa mengunjungi pickybest.id untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

News Feed