Signal Wi-Fi Ternyata Dapat Digunakan Untuk Menghitung Jumlah Orang di Dalam Sebuah Ruangan

0

Signal Wi-Fi biasanya digunakan untuk mendapatkan layanan internet tanpa kabel (wireless). Namun saat ini signal Wi-Fi ternyata juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah orang di dalam sebuah ruangan, atau bahkan dalam kawasan tertentu. Seperti yang diberitakan oleh UC Santa Barbara, temuan ini dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Santa Barbara. Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Yasamin Mostofi ini menemukan bahwa signal Wi-Fi dapat melakukan hal lebih dari biasanya (koneksi internet).

Prof. Yasamin Mostofi bersama timnya mampu menggunakan signal Wi-Fi untuk menghitung jumlah orang yang berjalan di suatu daerah tertentu. Kemampuan signal Wi-Fi untuk menghitung jumlah orang yang berjalan bahkan dapat dilakukan walaupun kita tidak membawa perangkat Wi-Fi.

Untuk melakukan ujicoba tersebut, tim peneliti meletakkan dua buah kartu Wi-Fi di setiap ujung jalan. Masing-masing ujung jalan terdapat sebuah kartu Wi-Fi yang nantinya akan digunakan untuk mendeteksi keberadaan manusia di sekitarnya. Jarak dari ujung ke ujung sekitar 70 meter, ini bertujuan untuk menangkap daya yang diterima oleh dua kartu Wi-Fi tersebut. Para peneliti Santa Barbara ini menggunakan probabbilistic mathematical framework dalam ujicoba ini.

Keberhasilan dari ujicoba signal Wi-Fi ini tergantung pada dua hal. Pertama adalah penurunan signal yang menandakan bahwa ada orang yang sedang melintas di jalan. Kedua adalah hamburan signal yang dipantulkan kembali ke kartu Wi-Fi penerima ketika seseorang tidak lagi berada pada jalur yang terdeteksi signal Wi-Fi.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.