Skype adalah aplikasi video chat dan video call yang berbasis P2P (peer to peer). Aplikasi video ini dirilis pertama kali pada tahun 2003 oleh Skype Technologies. Sekarang Skype telah dimiliki oleh raksasa komputer dunia, Microsoft. Menurut kabar yang dilansir dari PCMag, Skype kini dapat dijalankan dalam versi web. Skype web ini telah tersedia untuk para pengguna internet di Inggris dan Amerika Serikat.

Anda bisa mengakses Skype web melalui skype.com atau web.skype.com tanpa harus mendownload aplikasi Skype terlebih dahulu, untuk kemudian diinstal agar dapat digunakan. Cukup dengan mengakses Skype melalui browser, Anda sudah dapat terhubung dengan teman dan keluarga.

Di Indonesia, Skype sendiri dikenal beberapa tahun yang lalu. Yaitu ketika salah satu buronan tindak pidana korupsi dari salah satu partai politik di Indonesia mengakses Skype dari Columbia. Sejak saat itulah, Skype mulai populer bagi para pengguna internet di Indonesia. Namun untuk dapat menggunakan Skype web, Anda harus bersabar menunggu. Karena Skype web saat ini baru tersedia untuk dua negara saja, itupun masih dalam versi beta.

Peluncuran Skype web ini sejatinya telah diumumkan Microsoft sejak 7 bulan yang lalu. Mereka menjanjikan akan meluncurkan Skype web yang dapat diakses langsung melalui browser, tanpa harus menggunakan aplikasi Skype. Skype web setidaknya dapat diakses melalui Internet Explorer 10, Firefox, Chrome versei terbaru.