Jatimtech.com – 4G LTE menjadi konektivitas yang terus dibangun oleh pemerintah dan operator di Indonesia. Namun kebanyakan ponsel 4G LTE dibanderol dengan harga yang tidak bisa dijangkau banyak orang. Bukan tak mungkin ponsel murah membawa konektivitas 4G LTE. Caranya adalah dengan membenamkan modul 4G LTE secara terpisah. Sayangnya, metode ini akan membuat konsumsi daya menjadi lebih besar.

Qualcomm punya solusi untuk menghadirkan teknologi jaringan generasi keempat ini di smartphone murah  namun tetap hemat daya sehingga lebih banyak kalangan bisa mengakses internet lebih cepat, yaitu dengan menghadirkan chipset Snapdragon 210 yang didalamnya sudah dibenamkan modem 4G LTE.

Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto seperti dilansir dari JagatReview (10/09/2015) mengungkapkan bahwa Snapdragon 210 akan segera tersedia pada kuartal keempat 2015. Saat ini perusahaanyang berbasis di California ini sedang menunggu berbagai produsen untuk mengadopsi Snadpragon 210.

Sekedar untuk diketahui, smartphone berprosesor 64-bit Snapdragon 410 yang sudah mendukung 4G LTE saat ini kebanyakan dibanderol dengan harga Rp 1,5 jutaan. Dengan hadirnya Snapdragon 210, maka harganya akan lebih murah dari Rp 1,5 juta.

Pun begitu, Qualcomm tak mengorbankan kemampuan Snapdragon 210. Qualcomm menekankan satu hal yang dimiliki chipset ini yaitu didukungnya Carrier Aggregation 4G yang membuat perangkat yang menggunakan chipset ini bisa lebih cepat dari Snapdragon 410 maupun 615.