Solusi Mengatasi Touchscreen Rusak di Smartphone Android

0

Ponsel pintar dengan fitur touchscreen kini sudah bukan barang mewah. Ya, semua lapisan dan semua jenjang usia kini memang sudah sangat akrab dengan ponsel modern yang lebih menggunakan fitur layar sentuh. Namun, sering terdengar keluhan adanya touchscreen yang rusak dan perlu diganti.

Padahal, tidak semua kondisi touchscreen rusak harus diikuti dengan penggantian hardware touchscreen. Ada juga penanganan lain yang tidak harus mengeluarkan biaya.

Perlu diingat, indikasi touchscreen rusak sangat beragam. Jika touchscreen pecah dan tidak bisa digunakan, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika touchscreen tidak berfungsi namun tidak pecah sama sekali, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan hard reset.

Related Posts
1 of 120

Bisa jadi, touchscreen rusak yang Anda alami hanya karena kerusakan software dan bisa diatasi hanya dengan mengatur ulang. Jika tidak berhasil, lakukan flashing. Namun jika tetap tidak berhasil, maka perlu penggantian hardware touchscreen yang baru.

Jika touchscreen hanya mati sebagian, perlu dicoba cara yang sama yaitu hard reset dan flashing terlebih dahulu. Begitu juga untuk touchscreen yang meleset, tidak berfungsi untuk fitur tertentu, touchscreen gerak-gerak sendiri, perlu dicoba terlebih dahulu hard reset atau flash sebelum membongkar dan mengganti hardware touchscreennya.

Masalah pada touchscreen rusak juga sering terjadi akibat benturan atau hentakan. Ya, touchscreen sering rusak karena misalnya terlempar atau terinjak. Namun, jika touchscreen retak atau pecah belum tentu touchscreen tidak bisa digunakan sama sekali.

Ada pula beberapa kejadian touchscreen retak namun tetap memiliki fungsi yang normal. Jika tidak merasa terganggu dengan retaknya layar, maka kondisi ini tentu saja tidak perlu mendapatkan penanganan apa-apa.