Sony meramaikan ajang CES 2018 dengan menghadirkan Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra. Smartphone seri Xperia baru yang dirancang khusus untuk memenuhi tren selfie yang melanda dunia belakangan ini. Kedua model tersebut akan mulai memasuki pasar global mulai Februari 2018 dan merupakan model upgrade dari Xperia XA1 dan Xperia XA1 yang diluncurkan sebelumnya.

Sony Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra keduanya menggunakan desain “loop surface” yang terdiri dari aluminium anodis dan potongan berlian di bagian atas dan bawah. Tidak seperti beberapa pilihan mid-range keluaran terbaru, Xperia XA2 yang baru tidak memiliki tampilan layar penuh dan rasio lebar. Namun, ada sensor sidik jari di bagian belakang yang juga sesuai dengan tren.

Spesifikasi Lengkap dan Resmi Sony Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra
Sony Xperia XA2

Di antara keduanya, Sony Xperia XA2 dilengkapi layar 5.2 inci full-HD (1920×1080 piksel) yang dilindungi dengan panel Gorilla Glass Corning. Sedangkan Sony Xperia XA2 Ultra, di sisi lain, memiliki layar full-HD selebar 6 inci.

Perubahan besar lainnya antara Sony Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra adalah konfigurasi kamera depannya. Xperia XA2 memiliki satu sensor Exmor R4, 8 megapiksel, 1/4-inci untuk sensor gambar bergerak dengan lensa sudut lebar 120 derajat. Sebaliknya, Xperia XA2 Ultra membawa kombinasi dual selfie camera yang terdiri dari Exmor RS 16 megapixel untuk sensor bergerak dengan optical image stabilization (OIS) yang dilengkapi lensa sudut lebar 88 derajat f / 2.0 dengan resolusi 8 megapiksel. Sensor kamera 16 megapiksel utama juga mendukung sensitivitas ISO 6400 dan kamera 8 megapiksel sebagai pendampingnya.

Spesifikasi Lengkap dan Resmi Sony Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra
Sony Xperia XA2 Ultra

Kedua smartphone Android Oreo ini didukung oleh Qualcomm Snapdragon 630 SoC namun dengan konfigurasi RAM yang berbeda. Xperia XA2 memiliki RAM 3GB, sedangkan Xperia XA2 Ultra memiliki RAM lebih besar, 4GB.

Sony telah menyediakan 4G LTE sebagai tambahan pilihan konektivitas di samping radio FM, Wi-Fi, Bluetooth v5.0, GPS / A-GPS, NFC, dan port USB Type-C pada kedua smartphone baru tersebut. Ada juga penyimpanan internal 32GB yang bisa diupgrade via kartu microSD (hingga 256GB). Smartphone memiliki versi dual-SIM dan single-SIM. Selanjutnya, Xperia XA2 mengemas baterai 3300mAh, sedangkan Xperia XA2 Ultra memiliki baterai 3580mAh.