Spesifikasi Oppo R9s

Oppo R9s dijual secara resmi pada tanggal 28 Oktober 2016. Sementara, Oppo R9s Plus akan dipasarkan pada bulan Desember mendatang. Keduanya merupakan camera phone terbaru dari Oppo yang mengandalkan sensor kamera Sony beresolusi 16MP. Ya, awalnya Oppo menamai perangkatnya sebagai smartphone, namun karena seiring berjalannya waktu banyak kalangan yang menyukai dunia fotografi, akhirnya mereka memutuskan untuk mengubah nama smartphone menjadi camera phone.

Itulah mengapa, Oppo selalu giat menghadirkan fitur-fitur terbaru yang berkaitan dengan kamera pada smartphone. Tak terkecuali Oppo R9s. Ponsel pintar ini mengadopsi resolusi kamera belakang dan depan yang sama besar, yakni 16MP. Bahkan, Oppo sengaja menyematkan sensor Sony IMX398 yang memiliki kecepatan seperti kamera SLR.

Itu tadi sedikit informasi tentang kamera Oppo R9s. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang Oppo R9s, berikut spesifikasi Oppo R9s.

  • Dimensi: 153 x 74.3 x 6.6 mm dan berat 145 gram
  • Layar: 5.5 inci resolusi 1080 x 1920 piksel, Corning Gorilla Glass 5
  • Chipset: Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • Prosesor grafis: Adreno 506
  • Memori internal: RAM 4GB, memori 64GB
  • Memori eksternal: MicroSD hingga 256GB (slot SIM 2)
  • Kamera belakang: 16MP, f/ 1.7
  • Kamera depan: 16MP, f/ 2.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, EVDO, HSDPA, CDMA, GSM, GPRS, EDGE
  • Baterai: 3.010mAh dengan fitur fast charging VOOC
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, barometer
  • USB: microUSB 2.0
  • OS: Android 6.0.1 Marshmallow

Review Oppo R9s

Kelebihan

Dilihat dari namanya, jelas sekali bahwa Oppo R9s mempunyai kelebihan di sektor kamera. Bagaimana tidak, kamera depan dan belakang Oppo R9s beresolusi 16MP. Biasanya, smartphone yang lain hanya mengandalkan kamera belakang, namun Oppo berbeda karena mereka menghadirkan kualitas kamera depan yang sama persis dengan kamera belakang.

Walau sekilas tampak sama, namun fitur-fitur yang terkandung di dalamnya sedikit berbeda. Kamera belakang Oppo R9s menggunakan aperture f/1.7 yang dapat mencapai fokus 40 persen lebih cepat ketimbang PDAF. Sementara, aperture kamera depannya masih sama dengan smartphone yang lain yaitu f/2.0.

Tak hanya itu, seperti yang kami sampaikan sebelumnya, kamera Oppo R9s juga mengandalkan sensor Sony IMX398. Sensor ini merupakan sensor kamera terbaru dari Sony. Bahkan, Sony sendiri belum menyematkannya ke smartphone Sony Xperia. Sampai saat ini, diketahui bahwa Sony Xperia masih menggunakan sensor Sony IMX300.

Selain itu, yang membuat Oppo R9s tambah menarik adalah teknologi fast charging VOOC Flash Charge. Teknologi ini mampu mengisi daya baterai smartphone hingga 75 persen hanya dalam waktu 30 menit. Itupun, Oppo masih menambahkan perlindungan lima lapis, di antaranya penguji tegangan di dalam adaptor, pengenal VOOC di dalam adapter, pengenal VOOC di dalam ponsel, uji tegangan di dalam ponsel, dan sekering di dalam ponsel.

Dengan adanya teknologi tadi, bisa dipastikan Oppo R9s tidak akan terlalu panas saat di-charge. Ini menandakan pula bahwa Oppo R9s tidak akan mudah meledak.

Kelemahan

Yang perlu disayangkan dari kamera Oppo R9s adalah penggunaan teknologi EIS. Pasalnya, kamera Oppo R9s Plus sudah memakai teknologi OIS. Henry Manampiring pernah mengatakan bahwa teknologi OIS lebih baik dari teknologi EIS. Mengapa demikian?

Teknologi OIS (Optical Image Stabilization) mendukung pergerakan lensa (hardware) untuk mengompensasi gerakan tangan atau getaran. Jadi, gambar asli tidak blur. Sedangkan, EIS (Electronic Image Stabilization), lensanya tidak bergerak, namun prosesor berusaha memperbaiki gambar blur menggunakan software. Dengan begitu, gambar aslinya tetap terlihat sedikit blur.

Lebih jelasnya silakan melihat perbedaan penggunaan teknologi EIS dan teknologi OIS pada video berikut:

Kelemahan lainnya sementara ini belum ada. Namun, untuk dapur pacu bisa dikatakan masih standar. Sebab, Oppo R9s Plus sudah mendukung chipset Snapdragon 653, sementara Oppo R9s masih menggunakan Snapdragon 625. Kapasitas RAM Oppo R9s juga tidak sebesar RAM Oppo R9s Plus. Meski begitu, jika dilihat dari sudut pandang harga, Oppo R9s lebih murah bila dibandingkan dengan harga Oppo R9s Plus.

Harga Oppo R9s

Dari beberapa kabar yang telah beredar, diketahui bahwa harga Oppo R9s sekitar Rp 5,4 jutaan. Sedangkan, harga Oppo R9s Plus sekitar Rp 6,7 jutaan. Mahalnya harga Oppo R9s Plus sangat beralasan, melihat spesifikasi yang dimiliki lebih baik ketimbang Oppo R9s. Oppo R9s sendiri akan dipasarkan dengan tiga varian warna, seperti black, gold, dan rose gold.

Kesimpulan

Oppo R9s sangat cocok digunakan oleh pecinta fotografi. Pasalnya, smartphone ini lebih mengedepankan sektor kamera dibandingkan dengan fitur yang lain. Oppo R9s juga mendukung penggunaan aktivitas sehari-hari, karena perangkat ini telah menggunakan chipset Snapdragon 625, prosesor Octa-core, RAM 4GB, Dual SIM, baterai 3.010mAh, serta sensor pemindai sidik jari. Oleh karena itu, kami memberikan nilai 8 untuk Oppo R9s (rentang nilai 1-10).