Spesifikasi, Review, dan Harga Samsung Z3

0

Spesifikasi Samsung Z3

Belakangan ini, iklan penjualan Samsung Z2 menghiasi beberapa layar televisi Indonesia. Itu tandanya, Samsung Z2 sudah resmi masuk Indonesia dan siap dipasarkan di seluruh wilayah di Indonesia. Smartphone ini terlahir dengan ukuran layar lebih kecil dari seri pendahulunya, yakni Samsung Z3.

Mungkin, sebagian dari kamu telah lupa dengan Samsung Z3. Smartphone tersebut merupakan smartphone kedua setelah Samsung Z1 yang diluncurkan menggunakan sistem operasi Tizen. Ya, dulu Samsung memang langsung meluncurkan Samsung Z3 setelah Samsung Z1. Peloncatan seri dari Z1 ke Z3 memang tanpa alasan, namun kami yakin bahwa itu merupakan strategi pemasaran untuk memperkenalkan sistem operasi Tizen ke publik.

Sejak Samsung Z1 diluncurkan, perusahaan yang berasal dari Korea Selatan ini tetap konsisten menggunakan sistem operasi Tizen. Sekarang, Samsung Z2 juga menggunakan sistem operasi yang sama. Perbedaan ketiganya, hanya terletak pada layar, memori, kamera, serta baterai.

Terlepas dari perbedaan spesifikasi ketiga smartphone Samsung Z series, tetap saja yang terbaik spesifikasinya adalah Samsung Z3 yang telah diluncurkan pada bulan Oktober 2015. Ingin tahu, apa saja spesifikasi lengkap dari smartphone tersebut? Berikut beberapa spesifikasi Samsung Z3:

  • Dimensi: 141.6 x 70 x 7.9 mm dan berat 137 gram
  • Layar: Super AMOLED berukuran 5.0 inci resolusi 720 x 1280 piksel
  • Chipset: Spreadtrum SC7730 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • Prosesor grafis: Mali-400
  • Memori internal: RAM 1GB, memori 8GB
  • Memori eksternal: microSD hingga 128GB (menggunakan slot SIM 2)
  • Kamera belakang: 8MP, aperture f/2.2, LED flash
  • Kamera depan: 5MP, aperture f/2.2
  • SIM: Dual SIM (Micro SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 3G WCDMA, HSPA, GSM, Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, FM Radio,
  • Baterai: 2.600mAh
  • Sensor: Accelerometer, Proximity
  • USB: MicroUSB v2.0, USB OTG
  • OS: Tizen 2.3 dan 2.4

Review Samsung Z3

Kelebihan

Bila membicarakan tentang kelebihan, pastinya kelebihan Samsung Z3 terletak pada bagian layarnya. Sebab, layar Samsung Z3 berukuran 5.0 inci dan merupakan layar terbesar dari dua seri Samsung Z. Tak hanya itu, tipe layarnya pun juga istimewa karena Samsung Z3 memakai layar Super AMOLED.

Kelebihan berikutnya adalah kamera. Kamera utama Samsung Z3 beresolusi 8MP, sementara Samsung Z1 hanya 3.15MP dan Samsung Z2 mempunyai kamera beresolusi 5MP. Kamera depan yang biasa digunakan untuk selfie juga cukup memuaskan. Bagaimana tidak, bila dua saudaranya yang lain masih menggunakan kamera VGA, Samsung Z3 sudah tampil beda dengan kamera beresolusi 5MP.

Untuk penyimpanan, kamu juga tak perlu khawatir karena Samsung Z3 sudah dibekali memori internal berkapasitas 8GB dan memori eksternal microSD hingga 128GB. Jika memori tersebut masih kurang, kamu dapat memanfaatkan perangkat penyimpanan lain, berupa USB OTG. Penyimpanan ini memungkinkan kamu memutar film dari perangkat flash disk.

Related Posts
1 of 144

Fitur lain yang cukup menarik ialah browsing secara offline. Maksudnya, jika kamu sedang kehabisan kuota internet atau sedang tidak berada dalam jangkauan Wi-Fi, kamu tetap bisa mengakses informasi dari internet. Hal ini bisa dilakukan karena browser Samsung Z3 dapat menyimpan konten-konten favorit. Sehingga, kamu dapat membukanya lagi kapan saja.

Selain itu, Samsung Z3 juga menawarkan fitur Ultra Data Saving Mode yang dapat mengompres data hingga 40 persen. Ini artinya, kamu bisa lebih hemat kuota internet hingga 40 persen bila menggunakan Samsung Z3.

Lebih gilanya lagi, sisa baterai 10 persen pada Samsung Z3 tetap bisa membuat smartphone tersebut aktif dalam keadaan stanby selama 33 jam. Kehebatan ini bisa kamu rasakan, jika kamu mengaktifkan fitur Ultra Power Saving Mode (UPSM).

Kelemahan

Sekilas, fitur-fitur yang terdapat pada Samsung Z3 tampak menawan. Namun, dari fitur-fitur yang menawan tadi terdapat beberapa kelemahan yang harus kamu ketahui. Pertama, mulai dari bagian layar. Meski tipe layarnya sudah Super AMOLED, tetapi Samsung tidak menyertakan proteksi layar untuk mengamankan layar. Padahal, sistem proteksi layar sangat penting untuk smartphone berlayar lebar.

Selanjutnya, kapasitas RAM yang hanya sebesar 1GB. Melihat memori yang dibenamkan pada Samsung Z3 cukup besar, sudah pasti pengguna akan memanfaatnya untuk menyimpan berbagai jenis aplikasi dan media. Nah, masalahnya jika aplikasi-aplikasi tadi dibuka secara bersamaan, maka RAM 1GB tak akan mampu mengatasinya.

Terakhir adalah jaringan 4G LTE. Sekarang, sudah bukan zamannya browsing dengan kecepatan internet yang lemot. Oleh karena itu, hampir semua smartphone terbaru sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE. Namun, sayangnya Samsung Z3 kurang beruntung karena tidak mendapatkan jaringan 4G LTE.

Harga Samsung Z3

Samsung Z3 dibanderol dengan harga di kisaran Rp 1,6 juta – Rp 2 jutaan. Harga ini tentunya tak terlalu mahal untuk masyarakat di Indonesia. Pasalnya, hampir semua smartphone yang dijual dengan harga di bawah Rp 2 juta masih dianggap murah dan terjangkau untuk semua kalangan di Indonesia, terutama kalangan menengah ke bawah.

Kesimpulan

Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur-fitur di Samsung Z3, smartphone tersebut memang nampak menggiurkan. Terlebih untuk urusan harga Samsung Z3 yang cukup terjangkau.

Kalau masalah kelemahan di Samsung Z3, kamu masih bisa menyiasatinya. Untuk proteksi layar, kamu dapat menambahkan lapisan pengaman layar yang dapat dibeli di toko aksesoris handphone. Sementara, RAM yang minim dapat disiasati dengan menyimpan aplikasi yang penting-penting saja. Nah, kalau jaringan 4G LTE, kamu bisa membeli modem Wi-Fi yang menggunakan jaringan 4G LTE.

Dengan menyiasati kelemahan-kelemahan di Samsung Z3, maka kamu akan merasakan performa smartphone yang paling optimal. Jadi, jika kami harus menilai dari rentang 1-10 maka Samsung Z3 akan kami beri nilai 7,5.