Spesifikasi, Review, dan Harga Xiaomi Mi 5S Plus

0

Spesifikasi Xiaomi Mi 5S Plus

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 27 September 2016, Xiaomi mengumumkan dua smartphone terbarunya, yakni Xiaomi Mi 5S dan Xiaomi Mi 5S Plus. Kedua smartphone tersebut dipastikan menjadi penerus dari Xiaomi Mi 5.

Dari namanya, pasti kamu sudah mengetahui bahwa Xiaomi Mi 5S Plus memiliki spesifikasi lebih baik ketimbang Xiaomi Mi 5S. Itu memang benar, terlebih dari sektor fotografi. Xiaomi Mi 5S Plus mempunyai dua kamera belakang, sementara Xiaomi Mi 5S hanya satu kamera belakang. Untuk lebih jelasnya, silakan kamu menyimak spesifikasi Xiaomi 5S Plus berikut.

  • Dimensi: 154.6 x 77.7 x 8 mm dan berat 168 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 5.7 inci resolusi 1080 x 1920 piksel
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Prosesor grafis: Adreno 530
  • Memori internal: RAM 4GB dan 6GB, memori 64GB dan 128GB
  • Memori eksternal: Tidak ada
  • Kamera belakang: Dual 12MP, aperture f/2.0, dual LED flash
  • Kamera depan: 4MP, aperture f/2.0
  • SIM: Dual SIM (Nano SIM, dual stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, VoLTE, EVDO, HSPA, GSM, CDMA, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, infrared
  • Baterai: 3.800mAh, fast charging Quick Charge 3.0
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, barometer
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 6.0 Marshmallow

Review Xiaomi Mi 5S Plus

Kelebihan

Seperti yang telah kami bicarakan sebelumnya, Xiaomi Mi 5S Plus memiliki kelebihan di sektor fotografi. Bayangkan saja, kamera belakangnya dilengkapi dengan dual kamera beresolusi 12MP. Di samping itu, terdapat pula dual LED flash untuk menerangi pengguna saat mengambil gambar di tempat yang minim cahaya. Bahkan, fitur dual LED flash tadi diklaim mampu menangkap gambar hingga 60 persen lebih terang dari iPhone 6S Plus.

Selain kamera, Xiaomi Mi 5S Plus juga menonjolkan spesifikasi performa. Hal ini dikarenakan Xiaomi telah membekalinya dengan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821. Tak hanya itu, smartphone ini bisa lebih ngebut karena didukung oleh dua varian RAM berkapasitas 4GB dan 6GB.

Lanjut ke urusan ketahanan baterai, Xiaomi Mi 5S Plus dibekali dengan baterai berkapasitas 3.800mAh. Baterai sebesar itu dapat diisi ulang dengan sangat cepat karena Xiaomi menggunakan fitur fast charging Quick Charge 3.0. Berkat fitur tersebut, baterai Xiaomi Mi 5S Plus dapat diisi ulang dayanya hingga 85 persen dalam waktu 30 menit saja.

Related Posts
1 of 106

Kelebihan lainnya, kami rasa terletak pada desain smartphone itu sendiri. Ini karena Xiaomi Mi 5S Plus mempunyai desain melengkung di sisi belakang. Terlebih lagi, material yang digunakan bukan dari kaca, melainkan material full aluminium. Jadi, bila kamu memandangnya, Xiaomi Mi 5S Plus akan terlihat seperti perangkat iPhone dengan garis antena di bagian belakang.

Kelemahan

Bila bicara tentang kelemahan, sepertinya cukup sulit menunjukkan kelemahan dari Xiaomi Mi 5S Plus. Sebab, smartphone ini dikatakan hampir memiliki spesifikasi yang sempurna. Namun, tak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu pula dengan Xiaomi Mi 5S Plus.

Smartphone ini menjadi tak sempurna karena tidak didukung oleh slot microSD. Selain itu, pihak Xiaomi juga belum mengonfirmasi apakah smartphone terbarunya ini bakal dilengkapi dengan dukungan USB OTG atau tidak. Kalau memang tidak ada, mungkin kalian harus gigit jari jika suatu saat nanti memori internal yang digunakan untuk menyimpan data telah penuh.

Selain itu, yang cukup disesalkan oleh banyak pihak adalah kamera depan Xiaomi Mi 5S Plus. Pasalnya, kamera depan smartphone tersebut hanya beresolusi 4MP. Tentunya, ini sangat jauh bila dibandingkan dengan kamera belakangnya yang sudah dibekali dengan kamera ganda beresolusi 12MP.

Kalau dibandingkan dengan smartphone merek lain, seharusnya Xiaomi Mi 5S Plus mendapatkan kamera depan beresolusi 8MP. Itu lebih adil karena kamera belakangnya beresolusi 12MP. Namun, bisa jadi Xiaomi Mi 5S Plus memang tidak dilahirkan untuk pecinta selfie. Pihak Xiaomi mungkin melahirkan smartphone tersebut untuk pecinta fotografi yang gemar menggunakan kamera belakang.

Terakhir, mungkin kelemahan Xiaomi Mi 5S Plus karena tidak adanya fitur pemutar radio. Meski begitu, sekarang pengguna sudah tidak terlalu sering mendengarkan radio. Jadi, fitur tersebut dianggap tidak terlalu penting. Daripada radio, pengguna pastinya lebih memilih memutar musik di MP3 player atau streaming musik secara online.

Harga Xiaomi Mi 5S Plus

Xiaomi Mi 5S Plus dengan RAM 6GB dibanderol sekitar Rp 5,2 juta. Itupun harga di negara Tiongkok, kalau nanti sudah masuk ke Indonesia, sepertinya harganya bisa lebih mahal lagi. Walaupun demikian, hal itu tak akan menjadi masalah karena spesifikasi dan fitur yang diberikan sudah sangat lengkap.

Kesimpulan

Xiaomi Mi 5S Plus terlihat nyaris sempurna, baik dari sisi desain maupun performa. Apalagi jika kamu menyukai dunia fotografi dan gaming, pastinya kamu akan terpikat dengan Xiaomi Mi 5S Plus. Namun, karena kamera depan hanya beresolusi 4MP, kamu bisa menyiasatinya dengan foto selfie menggunakan kamera belakang.

Nah, karena kelemahan Xiaomi Mi 5S Plus tidak terlalu banyak maka kami akan memberikan nilai 9 dari rentang 1-10.