Spesifikasi, Review, dan Harga Xiaomi Mi Mix

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix

Berbicara tentang smartphone mewah, terkadang sebagian kalangan langsung memikirkan smartphone dengan harga selangit dan desain smartphone berlapis emas atau berlian. Hal itu memang benar, karena selama ini smartphone mewah selalu identik dengan material yang mewah dan tampilan yang elegan.

Nah, ketika membahas tentang smartphone mewah, kami menjadi teringat dengan smartphone Xiaomi Mi Mix. Smartphone yang hanya dipasarkan dengan warna hitam ini memiliki desain yang sangat maskulin dan menawan. Mungkin kami terlalu berlebihan dalam memuji smartphone tersebut. Namun, hal itu memang benar adanya.

Begitu melihat Xiaomi Mi Mix, kamu pasti akan langsung jatuh hati padanya. Bagaimana tidak, desain layarnya yang hampir tanpa bezel itu pastinya akan membuat siapapun terpesona. Tak hanya soal bezel saja, spesifikasi dan fitur yang dibenamkan pada Xiaomi Mi Mix juga sangat menggoda.

  • Dimensi: 158.8 x 81.9 x 7.9 mm dan berat 209 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 6.4 inci resolusi 1080 x 2040 piksel FHD
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo)
  • Prosesor grafis: Adreno 530
  • Memori internal: RAM 4GB dan 6GB, memori 128GB dan 256GB
  • Memori eksternal: Tidak ada
  • Kamera belakang: 16MP, f/ 2.0, EIS, dual flash LED
  • Kamera depan: 5MP
  • SIM: Dual SIM, (Nano-SIM, dual-stand-by)
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 4.400mAh dengan fitur fast charging (Quick Charge 3.0)
  • Sensor: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, kompas, barometer
  • USB: Tipe C 1.0
  • OS: Android 6.0 Marshmallow

Review Xiaomi Mi Mix

Kelebihan

Dari luar, sudah terlihat apa saja kelebihan Xiaomi Mi Mix. Xiaomi Mi Mix mempunyai kelebihan di bagian desain layar dan bodi. Layar Xiaomi Mi Mix begitu lebar dengan ukuran 6.4 inci. Saking lebarnya, smartphone ini hampir tidak memiliki bezel sama sekali. Bahkan, rasio layar ke bodi mencapai 91.3 persen.

Biasanya, kebanyakan layar smartphone didesain dengan bezel tipis di bagian samping kanan dan kiri. Namun, Xiaomi Mi Mix berbeda, dia mempunyai bezel yang sangat tipis di bagian samping kanan, kiri, dan atas. Nah, karena desain inilah, kamera depan Xiaomi Mi Mix yang beresolusi 5MP dipindah ke bagian bawah.

Walau demikian, kamu tak perlu khawatir karena begitu kamu ingin melakukan foto selfie, maka kamu bisa memutar smartphone tersebut layaknya smartphone dengan kamera depan di bagian atas. Nantinya, layar smartphone akan mengikuti sudut pengambilan foto yang kamu ambil.

Itu tadi kelebihan Xiaomi Mi Mix dari sisi layar, sekarang lanjut ke material bahan. Smartphone unibody ini menggunakan material keramik, khususnya pada bagian panel belakang, frame, dan tombol-tombol di samping bodi. Material ini dikenal tahan terhadap goresan dan mempunyai tingkat kekerasan hingga 8.5 poin.

Lanjut ke urusan performa, Xiaomi Mi Mix bakal tampil gahar dengan chipset Qualcomm Snapdragon 821 dan prosesor Quad-core berkecapatan 2.35GHz. Selain itu, tampilan layarnya akan semakin menarik berkat adanya prosesor grafis Adreno 530. Smartphone ini juga mengadopsi RAM berkapasitas 6GB. Jadi, kalian sepertinya tak akan pernah merasakan ‘lag’ saat memainkan game-game yang berat atau menjalankan aplikasi apapun.

Kamu juga bebas menyimpan file-file yang besar karena Xiaomi Mi Mix sudah dibekali dengan memori berkapasitas 256GB dan menjalankan teknologi UFS 2.0. Tahukah kamu, UFS menawarkan kecepatan tiga kali lipat lebih cepat dari UHS-1 dan UHS-II. UFS sendiri memiliki kecepatan tulis dan baca data mencapai 170MB/s dan 530MB/s.

Xiaomi Mi Mix juga mendapat baterai berkapasitas 4.400mAh lengkap dengan teknologi fast charging Quick Charge 3.0. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, kamu bisa memainkan game hingga 13 jam non-stop.

Menariknya lagi, di bagian belakang bodi terdapat sensor pemindai sidik jari dan kamera utama. Lokasinya sama seperti yang lain, yakni berjajar secara vertikal, tapi yang membuat sensor pemindai sidik jari dan kamera utama Xiaomi Mi Mix tambah istimewa adalah penggunaan bingkai emas 18 karat.

Kelemahan

Kelemahan Xiaomi Mi Mix terdapat pada ukurannya yang terlampau besar. Ukuran layar 6.4 inci tersebut sudah sebanding dengan phablet dan tablet. Itu artinya kamu akan kesulitan mengoperasikan Xiaomi Mi Mix menggunakan satu tangan. Xiaomi Mi Mix juga mempunyai bobot yang relatif berat, yaitu 209 gram.

Selain itu, kelemahan lainnya menurut kami adalah letak kamera depan. Xiaomi sengaja membuat layar Mi Mix melebar hingga ke bagian atas bodi. Dengan begitu, kamera depannya harus ‘dikorbankan’ ke bagian bawah. Nah, masalahnya, pengguna sudah terbiasa dengan kamera depan di bagian atas. Jadi, mungkin pengguna butuh penyesuian dulu ketika akan melakukan selfie.

Terlebih, melihat spesifikasi Xiaomi Mi Mix yang begitu menawan, rasanya sangat kurang bila kamera depannya masih mengadopsi sensor beresolusi 5MP. Yang cukup disayangkan lagi adalah pilihan warnanya. Xiaomi Mi Mix hanya tersedia dalam warna hitam. Jadi, kemungkinan smartphone ini akan menjadi incaran para kaum adam.

Harga

Harga Xiaomi Mi Mix cukup mahal, yakni sekitar Rp 7,7 jutaan untuk RAM 6GB dan memori 256GB. Sementara, untuk Xiaomi Mi Mix dengan RAM 4GB dan memori 128GB dijual seharga Rp 6,7 jutaan. Namun, harga segitu cukup beralasan karena spesifikasi, fitur, desain, dan bingkai emas 18 karat yang disajikan pada Xiaomi Mi Mix sangat menawan. Bahkan, pada saat penjualan online kemarin, Xiaomi Mi Mix ludes terjual dalam waktu 10 detik saja.

Kesimpulan

Tak ada smartphone yang sempurna. Namun, kalau yang mendekati sempurna, kami dengan lantang akan mengatakan bahwa smartphone tersebut adalah Xiaomi Mi Mix. Smartphone ini bisa dibilang komplet jika dilihat dari nilai estetika maupun performa. Jadi, wajar bila kami memberikan nilai 9,3 pada Xiaomi Mi Mix (rentang nilai 1-10).

Comments are closed.