Spesifikasi, Review, dan Harga Xiaomi Redmi 3S Prime

0

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3S Prime

Baru-baru ini, Xiaomi meluncurkan Xiaomi Redmi 3S ke India. Dalam peluncuran tersebut, Xiaomi langsung memperkenalkan dua varian smartphone sekaligus, di antaranya Xiaomi Redmi 3S dan Redmi 3S Prime. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Perbedaan yang paling mencolok antara Xiaomi Redmi 3S dan Redmi 3S Prime adalah kapasitas RAM, memori internal, dan penggunaan sensor pemindai sidik jari. Secara garis besar, perbedaan spesifikasi Xiaomi Redmi 3S dan Xiaomi Redmi 3S Prime dapat dilihat dari daftar berikut.

  • Dimensi: 139.3 x 69.6 x 8.5 mm dan berat 144 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 5.0 inci resolusi 720p
  • Chipset: Snapdragon 430 Octa-core 1.4GHz
  • Prosesor grafis: Adreno 505
  • Memori internal: RAM 2GB, memori 16GB (Redmi 3S); RAM 3GB, memori 32GB (Redmi 3S Prime)
  • Memori eksternal: microSD hingga 256GB
  • Kamera belakang: 13MP, aperture f/2.0, PDAF, video 1080p
  • Kamera depan: 5MP, aperture f/2.2, video 1080p
  • SIM: Hybrid dual SIM (micro SIM + nano SIM atau micro SIM + microSD)
  • Jaringan: 4G LTE, VoLTE, Bluetooth 4.1, Wi-Fi 802.11n, IR
  • Baterai: 4.100mAh
  • Sensor: Sensor pemindai sidik jari (Redmi 3S Prime), accelerometer, gyro, proximity, dan kompas
  • OS: Android 6.0.1 dengan MIUI 8

Review Xiaomi Redmi 3S Prime

Kelebihan

Xiaomi Redmi 3S Prime memiliki desain yang menarik seperti Xiaomi Redmi Note 3. Hal ini bisa dilihat dari bagian depan bodi smartphone yang dibalut dengan polesan chrome. Bagian bezel juga demikian. Untuk Redmi 3S Prime warna gold, bagian bezelnya dilapisi warna gold yang mirip dengan Redmi Note 3.

Selain itu, Xiaomi Redmi 3S Prime juga dibekali layar smartphone yang tahan terhadap goresan benda tumpul dan tahan terhadap goresan pisau. Xiaomi juga membuat layar tersebut anti terhadap minyak. Namun, Xiaomi belum mengonfirmasi teknologi apa yang dibenamkan pada layar tersebut.

Masih membahas tentang layar, bagian depan Xiaomi Redmi 3S Prime dilengkapi dengan sensor proximity dan sensor ambient light. Kemudian, di dekat tombol Home terdapat LED notifikasi RGB berukuran mungil.

Masuk ke bagian performa, Xiaomi Redmi 3S Prime dapat dipastikan memiliki performa lebih baik ketimbang Xiaomi Redmi 3 Pro. Ini diketahui dari hasil benchmark AnTuTu 6 yang menunjukkan nilai Xiaomi Redmi 3S Prime mencapai 41693 poin, sedangkan Xiaomi Redmi 3 Pro hanya 34937 poin.

Nah, kalau untuk media, pengguna akan dipuaskan dengan tampilan video yang begitu indah, bahkan mereka tak perlu menginstal aplikasi pemutar video pihak ketiga. Sebab, Xiaomi telah membenamkan AC3 dan DTS audio codes. Ini juga membuat suaranya begitu keras.

Lanjut ke fitur kamera, karena menggunakan resolusi kamera 13MP, maka hasil jepretan dan perekamannya pasti sangat istimewa. Jadi, pengguna disarankan untuk menggunakan kamera Xiaomi Redmi 3S Prime di luar ruangan untuk mendapatkan hasil gambar terbaik. Oh ya, agar lebih baik lagi, jangan lupa aktifkan fitur HDR. Untuk lebih jelasnya, berikut ini video kemampuan kamera Xiaomi Redmi 3S Prime.

Tak hanya itu, kemampuan baterai Xiaomi Redmi 3S Prime juga memuaskan. Baterai 4.100mAh yang dimilikinya dapat bertahan hingga 2 hari dalam keadaan stanby, sementara untuk penggunaan berat bisa bertahan antara setengah hari hingga seharian penuh. Namun, kalau layarnya diaktifkan terus, Xiaomi Redmi 3S Prime hanya mampu bertahan selama 10 jam saja. Jika pengguna memakainya hanya untuk kegiatan penting, seperti telepon, cek email, dan mengirim pesan, maka smartphone ini bisa tahan selama 3 hari.

Kelemahan

Xiaomi Redmi 3S Prime hanya mendukung tiga sentuhan jari, sementara smartphone yang lain sudah mendukung lima sentuhan jari. Lalu, bagian tombol-tombol sampingnya masih terbuat dari bahan plastik. Demikian pula untuk bagian back cover. Xiaomi Redmi 3S Prime masih menggunakan bahan plastik. Namun, bahan tadi sudah dilapisi dengan sedikit aluminium yang tipis.

Di samping itu, suara audio Xiaomi Redmi 3S Prime mungkin akan terdengar lebih pelan. Pasalnya, bagian speaker diletakkan di cover belakang bagian bawah. Sehingga, jika pengguna meletakkannya dalam posisi menghadap ke atas, maka suara audio akan tertahan.

Kelemahan lainnya terlihat pada sektor kamera, saat digunakan pada ruangan yang minim cahaya. Kamera Xiaomi Redmi 3S Prime akan menjadi kurang fokus dan tidak terlalu menawan jika dipakai di ruangan yang redup.

Sejauh ini, sepertinya hanya itu kelemahan dari Xiaomi Redmi 3S Prime. Untuk harga bagaimana?

Harga Xiaomi Redmi 3S Prime

Harga Xiaomi Redmi 3S Prime dibanderol lebih mahal dari Xiaomi Redmi 3S yakni sekitar Rp 1,7 jutaan. Sementara, harga Xiaomi Redmi 3S hanya sekitar Rp 1,3 jutaan. Harga ini hanya berlaku untuk kawasan India saja. Kalau di Indonesia, harganya lebih mahal yakni sekitar Rp 1,9 jutaan.

Kesimpulan

Melihat harga Xiaomi Redmi 3S Prime yang begitu bersahabat dan spesifikasi yang memukau, tim Jatimtech merekomendasikan smartphone tersebut untuk semua kalangan menengah ke bawah. Ini sudah lebih dari cukup bila digunakan untuk kalangan pelajar yang mungkin hanya mengandalkan Xiaomi Redmi 3S Prime untuk jejaring sosial, game, dan foto selfie.

Namun, sebelum menggunakan Xiaomi Redmi 3S Prime, alangkah baiknya pengguna melindunginya dengan casing silicon atau tambahan pelindung layar. Terakhir, bila kami diminta untuk menilai Xiaomi Redmi 3S Prime dari rentang nilai 1-10, maka kami akan memberikan nilai 8.