Spesifikasi, Review, dan Harga Xiaomi Redmi 4a

1

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4a

Kami yakin, dalam waktu dekat, Xiaomi Redmi 4a akan diburu seluruh masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah. Ini bisa terjadi lantaran harga Xiaomi Redmi 4a sangat murah dan terjangkau. Bila dibandingkan dengan Samsung Z2, spesifikasi Xiaomi Redmi 4a tetap jauh lebih memikat.

Xiaomi Redmi 4a bisa dikatakan serumpun dengan Samsung Z2. Mereka berdua sama-sama dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 juta. Namun, ketika berbicara soal spesifikasi dan performa, jelas Samsung Z2 kalah telak melawan Xiaomi Redmi 4a. Memangnya sebagus apa spesifikasi Xiaomi Redmi 4a?

Sebelum menjelaskan lebih jauh, kami ingin mengatakan bahwa kami tidak memihak salah satu produk atau menjelek-jelekkan produk yang lain. Hanya saja, kenyataannya memang demikian. Kalau kamu nggak percaya, silakan melihat spesifikasi Xiaomi Redmi 4a berikut dan bandingkan dengan artikel tentang spesifikasi, review, dan harga Samsung Z2.

  • Dimensi: 139.5 x 70.4 x 8.5 mm dan berat 131.5 gram
  • Layar: IPS LCD berukuran 5 inci resolusi 720 x 1280 piksel
  • Chipset: Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • Prosesor grafis: Adreno 308
  • Memori internal: RAM 2GB, memori 16GB
  • Memori eksternal: microSD hingga 128GB (slot SIM 2)
  • Kamera belakang: 13MP, f/ 2.2, flash LED
  • Kamera depan: 5MP, f/ 2.2
  • SIM: Dual-SIM
  • Jaringan: 4G LTE, HSDPA, GSM, EDGE
  • Baterai: 3.120mAh
  • Sensor: Accelerometer, gyro, proximity, kompas
  • USB: MicroUSB 2.0
  • OS: Android 6.0.1 Marshmallow

Review Xiaomi Redmi 4a

Kelebihan

Secara umum, spesifikasi Xiaomi Redmi 4a sudah tergolong istimewa, mengingat harga yang ditawarkan tak sampai Rp 1 juta. Bahkan, kami berani bicara bahwa Xiaomi Redmi 4a merupakan smartphone terbaik dengan harga di bawah Rp 1 juta. Smartphone merek lain mungkin memiliki harga yang murah, tapi apakah spesifikasinya bisa mengalahkan Xiaomi Redmi 4a?

Tentu saja tidak, Samsung Z2 yang baru diluncurkan beberapa minggu yang lalu pun juga tak sanggup mengalahkan performa Xiaomi Redmi 4a. Smartphone 4G LTE ini mengadopsi chipset Snapdragon 425 dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.4Ghz. Memori RAM yang dibawakan juga cukup tinggi yakni 2GB.

Sejauh ini, Xiaomi Redmi 4a memang tak ada duanya. Terlebih, untuk spesifikasi kamera yang dibenamkan pada Xiaomi Redmi 4a. Bagaimana tidak, smartphone murah meriah ini menawarkan sensor kamera belakang beresolusi 13MP. Lalu, di bagian depan smartphone yang biasa digunakan untuk selfie mendapatkan kamera beresolusi 5MP.

Pengguna yang doyan selfie pastinya akan sangat menyukai smartphone ini. Mereka bisa melakukan selfie kapan saja, tanpa takut kehabisan baterai. Sebab baterai yang diselipkan di Xiaomi Redmi 4a cukup besar, yaitu 3.120mAh.

Kelemahan

Smartphone yang dijual dengan harga murah pasti memiliki banyak kelemahan. Namun, tidak untuk Xiaomi Redmi 4a. Menurut pendapat kami, adik kandung Xiaomi Redmi 4 ini hanya mempunyai dua sektor kelemahan.

  1. Baterai tidak dilengkapi dengan fitur fast charging
  2. Xiaomi Redmi 4a hanya menyediakan dua pilihan warna yakni gold dan rose gold

Kami merasa fitur fast charging sangatlah penting karena kapasitas baterai Xiaomi Redmi 4a sudah di atas 3.000mAh. Kapasitas baterai di kisaran 2.000mAh saja sudah memakan waktu charging hingga 2 jam lebih, apalagi dengan kapasitas baterai di atas 3.000mAh, pastinya lebih lama.

Untuk pilihan warna juga demikian. Dari sumber yang kami dapat, Xiaomi Redmi 4a hanya menawarkan warna gold dan rose gold. Penyediaan dua varian warna ini mengisyaratkan bahwa Xiaomi Redmi 4a hanya ditujukan untuk pengguna wanita. Pasalnya, pengguna pria tidak terlalu banyak menggunakan smartphone dengan warna gold atau rose gold.

Selain itu, kelemahan Xiaomi Redmi 4a adalah tidak adanya sensor pemindai sidik jari. Namun, hal itu bisa dimaklumi karena harga Xiaomi Redmi 4a sendiri sudah sangat murah sekali

Harga Xiaomi Redmi 4a

Dari tadi hanya membicarakan Xiaomi Redmi 4a yang dijual dengan harga murah atau tak sampai Rp 1 juta. Memangnya, harga yang dibanderolkan pada Xiaomi Redmi 4a itu berapa?

Xiaomi Redmi 4a dipasarkan dengan harga 499 Yuan atau bila dirupiahkan sekitar Rp 966.000. Jika dibandingkan dengan harga Samsung Z2, mungkin harga Xiaomi Redmi 4a lebih mahal sedikit. Tapi hal itu tak menjadi masalah karena spesifikasinya sudah berbeda jauh.

Kesimpulan

Untuk harga di bawah Rp 1 juta, spesifikasi Xiaomi Redmi 4a memang terlihat sangat mewah. Jadi, jika kalian mempunyai budget terbatas, kami sarankan untuk meminang Xiaomi Redmi 4a saja.

Sayangnya, sampai sekarang belum diketahui kapan Xiaomi Redmi 4a masuk ke Indonesia. Sejauh ini, hanya Xiaomi Redmi 4 yang sudah tersedia di Indonesia, itupun berasal dari distributor tak resmi. Semoga saja, dalam waktu dekat Xiaomi Redmi 4a segera menyusul.

1 Comment
  1. Sw says

    Flagship killer banget nih..
    1,3jetian di priceza.co.id spek setara 2-3jutaan.. wow..

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.