Strap Dada yang Bisa Meningkatkan Kelembaban Jantung

0

Tim peneliti dari Empa berhasil menciptakan sebuah strap dada yang bisa meningkatkan kelembaban jantung. Strap dada ini diharapkan mampu membuat sinyal listrik melalui kulit. Empa merupakan salah satu bagian dari Swiss Federal Institutes of Technology Domain, atau yang biasa dikenal dengan ETH. Empa dalam bahasa Jerman merupakan singkatan dari Eidgenössische Materialprüfungs und Forschungsanstalt. Mereka merupakan sebuah institusi yang berbasis di Swiss yang dikenal dengan penelitian dan teknologi.

Untuk membantu orang-orang yang mengalami masalah pada jantung, biasanya digunakan sebuah gel khusus. Jel ini berfungsi untuk melembabkan jantung melalui lapisan kulit dada di sebelah kiri, letak jantung berada. Namun kekurangan dari jel ini adalah tingkat kelembabannya hanya bertahan dalam waktu 24 jam. Sehingga jantung tidak bisa selalu dalam kondisi basah. Hal inilah yang mendorong para peneliti dari Empa untuk menciptakan sebuah strap dada yang bisa meningkatkan kelembaban jantung. Sehingga listrik dapat terus mengalir untuk memompa kinerja jantung, yang biasa dikenal dengan elektrokardiogram (EKG).

Perangkat ini memiliki 30-mL (1-oz) reservoir, dengan sumbu pasokan air untuk elemen pembasahan fleksibel yang berada di antara kulit pasien dan elektroda yang terbentuk. Elemen ini terbuat dari polyethylene terephthalate, seperti tekstil yang mengandung air, tetapi juga memungkinkan uap air untuk menyerap melalui kulit.

Strap dada ini didukung oleh dua lapisan yang sangat tipis. Lapisan dalam perak membantu melakukan sinyal dan mencegah pertumbuhan bakteri. Sementara lapisan luar dari titanium membuat sinyal stabil, mencegah iritasi kulit, dan membuat nanopartikel perak dari yang dikelurakan.

Pengaturan pada strap dada ini diduplikasi pada dua bantalan sensor. Untuk kemudian ditransfer ke data logger yang melekat pada strap dengan pengencang. Setelah diaktifkan, sistem dapat terus memonitor detak jantung pemakainya untuk setidaknya lima hari sebelum diiisi ulang kembali. Setelah itu, logger dapat dihapus dan tali itu sendiri dapat dicuci.

Melihat dari kinerjanya, strap dada ini mirip dengan sebuah alat pacu jantung. Strap dada yang bisa meningkatkan kelembaban jantung ini masih dalam prototipe. Namun telah diuji kepada 100 orang lebih yang mengalami masalah jantung.

Sumber : GizMag

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.