Keyboard merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang memiliki peranan penting. Di dalam sebuah keyboard terdapat banyak tombol fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah tombol spasi yang berguna sebagai pemisah antar kata. Namun apa jadinya jika tombol spasi ternyata memiliki fungsi lain. Adalah Synaptics SmartBar yang memiliki fungsi lain tersebut.

Synaptics SmartBar adalah keyboard sentuh yang memiliki banyak fungsi. Diantaranya adalah mengedit teks dengan cepat, memperbesar dan memperkecil teks tanpa harus menggunakan Ctrl + atau Ctrl -, serta beberapa fungsi lain seperti memainkan game yang tersedia di dekstop. Seperti dilansir dari PCMag, Synaptics Smartbar adalah keyboard dengan teknologi sentuh yang multifungsi, dengan hanya memanfaatkan tombol spasi pada keyboard.

SmartKeyboard, mungkin istilah inilah yang pantas bagi Synaptics SmartBar. Dengan berbagai fungsi yang tersedia pada satu tombol saja, yaitu tombol spasi. Jika Anda pernah melihat atau bahkan pernah menggunakan keyboard multifungsi sebelumnya, pasti Anda tidak akan kesulitan menggunakan Synaptics SmartBar. Perbedaannya hanya satu, yaitu tombol yang dimultifungsikan hanya tombol keyboard. Sedangkan pada keyboard multifungsi yang pernah ada sebelumnya menggunakan tambahan tombol pada keyboard.

Keyboard sentuh dari Synaptics ini sangatlah mudah digunakan. Pada tombol spasi Synaptics SmartBar terdapat beberapa fungsi spasi yang disamarkan. Jika Anda ingin mengedit teks cepat, Anda hanya perlu meletakkan ibujari pada tombol spasi. Secara otomatis edit teks cepat akan muncul dengan sendirinya.