Teknologi Kecerdasan Buatan Microsoft Berhasil Menerjemahkan Bahasa Cina

Untuk memastikan hasilnya akurat dan sejajar dengan apa yang orang akan lakukan, tim tersebut mempekerjakan evaluator eksternal

0

Microsoft mempunyai segalanya, modal, sumber daya manusia, pengalaman, dan ekosistem. Merupakan satu hal yang lumrah jika mereka mampu melakukan terobosan yang tak mampu dilakukan oleh orang lain. Seperti misalnya terobosan teknologi kecerdasan buatannya yang mampu menerjemahkan bahasa Tiongkok ke bahasa Inggris dengan akurasi dan kualitas sama baiknya seperti manusia. Meski begitu, ini tentu menjadi sebuah prestasi mengingat bahasa Cina adalah salah satu bahasa terrumit di dunia.

Periset dari laboratorium perusahaan di Asia dan AS mengatakan bahwa sistem mereka mencapai paritas manusia pada rangkaian tes berita yang umum digunakan – yang disebut “newstest2017” – yang dirilis pada sebuah konferensi baru-baru ini.

Menurut Arul Menezes, alumni IIT-Bombay dan Partner Research Manager, tim penerjemah mesin Microsoft, tim tersebut membuktikan bahwa sistemnya dapat melakukan kinerja sebaik orang ketika menggunakan pasangan bahasa – seperti bahasa Mandarin ke bahasa Inggris.

Untuk memastikan hasilnya akurat dan sejajar dengan apa yang orang akan lakukan, tim tersebut mempekerjakan evaluator eksternal dari dua bahasa yang membandingkan hasil Microsoft dengan dua terjemahan referensi manusia yang diproduksi secara independen.

Untuk mencapai tonggak sejarah umat manusia di dataset ini, tiga tim peneliti di laboratorium riset Microsoft di Beijing dan Redmond, Washington, bekerja sama untuk membuat sistem lebih akurat.

Tim menggunakan metode dual-learning. Setiap kali mereka mengirim sebuah kalimat melalui sistem yang akan diterjemahkan dari bahasa China ke bahasa Inggris, tim peneliti juga menerjemahkannya kembali dari bahasa Inggris ke bahasa China.

Para periset mengajarkan sistem untuk mengulangi proses terjemahan kalimat yang sama berulang-ulang, secara bertahap meningkatkan dan menyempurnakan respons, kata Microsoft.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.