by

Terdapat Plak Pada Gigi? Begini Akibatnya

-Kesehatan-102 views

Plak pada gigi akan menyebabkan karang gigi, Bahaya Karang Gigi menjadikan gigi mengalami peradangan. Banyak diantara sebagian orang yang mengabaikan sisa-sisa makan yang menempel pada gigi setelah memakan sesuatu. Plak gigi terbentuk dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika tidak langsung dibersihkan maka akan terjadi pembentukan karang gigi. Karang gigi agak sulit untuk dihilangkan saat kita menggosok gigi. Karena jika plak tersebut berlama-lama di gigi dan menjadi karang gigi maka ia akan berkembang di bagian lainnya.

Gigi sangat perlu dijaga perawatan kebersihannya. Karena gigi selalu bekerja setiap hari pada mulut kita untuk menghaluskan makanan. Rajin-rajinlah untuk membersihkan gigi, setiap 2 kali sehari, agar gigi tetap sehat dan kuat. Ketika kita membiarkan sisa-sisa makanan di gigi kita, akan menjadikan plak gigi? Lalu sebenarnya apa plak gigi itu? Yuk, kita ulas penjelasan mengenai plak gigi dan akibatnya.

Apakah penyebab plak gigi itu?

Asal mula terjadinya plak gigi karena terdapat endapan di permukaan gigi. Yang mana endapan tersebut terdiri dari makanan, bakteri, air liur, dan sejumlah racun yang dikeluarkan oleh bakteri. Dari penumpukan plak-plak pada gigi ini yang kemudian mengeras di area gigi dan menyebabkan terjadinya pembentukan karang gigi, selain itu menyebabkan tekanan pada gusi.

Akibat dari plak gigi, gigi akan menjadi kuning atau transparan, membuat senyum kita tidak indah dan menurunkan rasa percaya diri kita di depan orang, yang terutama menimbulkan penyakit peradangan pada gigi. Saat itu bakteri memproduksi asam yang berbahaya bagi enamel gigi dan juga pada gusi. Wow! mengerikan, ternyata enamel gigi ini ternyata bisa membuat gigi kita berlubang. Dengan adanya hal itu, kita harus cepat menangani atau pun mencegah plak pada gigi, dengan permanen. Penyakit yang disebabkan akibat terjadinya plak gigi ialah gigi berlubang dan membusuk, kalkulus (tartar) merupan plak yang mengeras seperti lapisan semen, gingivitis ialah peradangan pada gusi dengan menjadikan gusi merah & bengkak, periodontitis merupakan infeksi penyebaran pada gusi & menyebabkan terjadinya kerusakan di area tulang gigi terletak di sekitar rahang.

Bagaimana pencegahannya untuk plak gigi?

Untuk pencegahan dari plak gigi diantaranya seperti menyikat gigi dua kali dalam sehari, menyikat gigi dengan bulu sikat gigi yang lembut, gunakan benang atau tusuk gigi guna menghilangkan bakteri  dan sisa dari makanan yang menempel pada gigi kita, jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali (jika dirasa sudah rusak sebelum 3-4 bulan, dianjurkan segera menggantinya dengan sikat gigi yang baru), berkonsultasilah dengan dokter gigi setiap 6 bulan sekali, hindari makanan yang manis seperti permen karet coklat dan lainnya yang memiliki kandungan manis, dan mengonumdi makanan dengan takaran yang seimbang tidak terlalu banyak dan pembatasan untuk camilan.

Jika Anda dirasa mempunyai plak pada gigi, segeralah kunjungi dokter yang Anda percaya ke higenisannya. Konsultasikan apa yang telah terjadi pada gigimu, segeralah meminta pencegahannya. Rutinlah melakukan perawatan gigi dan membersihkannya. Untuk membatasi munculnya karang gigi.

Nah, mulai sekarang Anda sudah tahu lebih banyak kan tentang plak gigi dan karang gigi, dan tak lupa cara pencegahannya yang sudah dipaparkan diatas. Rawatlah dan sayangi gigi Anda, plak hilang,  Anda bisa senyum dengan percaya diri.

News Feed