Terkenal Canggih, Ini Kelebihan Robot Vacuum Cleaner

Teknologi59 views

Di zaman modern seperti sekarang ini, Anda bisa menemui beragam jenis vacuum cleaner yang tersedia di pasaran, misalnya model stick, handheld, cordless, hingga robot vacuum cleaner.

Robot vacuum cleaner merupakan salah satu jenis vacuum cleaner yang cukup populer. Pasalnya, vacuum cleaner ini termasuk paling canggih di antara produk sejenisnya sehingga menawarkan berbagai kemudahan dan kepraktisan dalam membersihkan rumah.

Dengan segala kecanggihannya, alat yang satu ini tentu menarik untuk dibeli. Namun, robot vacuum cleaner tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membawa pulang alat ini ke rumah.

Dirangkum dari Forbes, Choice Australia, dan How to Home, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan robot vacuum cleaner yang perlu Anda perhatikan.

Kelebihan Robot Vacuum Cleaner

Inilah beberapa kelebihan robot vacum cleaner yang harus kamu ketahui sebagai berikut:

Hemat Tenaga

Salah satu kelebihan robot vacuum cleaner adalah mesinnya bisa bekerja sendiri tanpa harus dioperasikan secara manual oleh penggunanya. Anda tinggal menyalakan tombol daya pada robot vacuum cleaner atau menggunakan aplikasi, dan alat ini akan melakukan tugasnya.

Bahkan, Anda tidak perlu repot-repot mengembalikan robot vacuum cleaner ke tempatnya semula, karena alat ini bisa “pulang” sendiri ke tempat penyimpanannya.

Fitur-fitur yang Canggih

Robot vacuum cleaner memiliki beragam fitur canggih yang terasa futuristik, seperti keberadaan program untuk membersihkan rumah secara terjadwal, mengingat denah rumah, atau kemampuan untuk mengontrol alat lewat aplikasi.

Fitur-fitur tersebut tentu sangat membantu Anda yang sering lupa membersihkan rumah atau sering melewatkan area tertentu di rumah, karena semuanya bisa dilakukan oleh si robot tanpa kendala.

Dapat Membersihkan Area yang Sulit Dijangkau

Vacuum cleaner yang dioperasikan secara manual kadang sulit menjangkau tempat sempit dan rendah seperti kolong meja dan kursi. Jika sudah begini, mau tidak mau Anda harus mengangkat dan memindahkan furnitur, atau membungkuk untuk menjangkau tempat tersebut.

Karena berukuran ramping dan pipih, robot vacuum cleaner  pun dapat menjangkau area-area tersebut dengan mudah tanpa harus mengangkat atau memindahkan furnitur. Anda pun tidak perlu khawatir mengalami sakit punggung karena terlalu sering membungkuk.

Mengenal Cara Kerja Robot Vacuum Cleaner

Untuk lebih mengenal cara kerja robot vacuum cleaner, yuk, simak penjelasannya!

Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi

Hal ini mungkin bisa dianggap sebagai perbedaan utama antara robot vacuum cleaner dengan pembersih manual atau tradisional.

Robot vacuum cleaner didukung teknologi navigasi dan pembersihan untuk menjalankan fungsinya. Beberapa fitur teknologi yang digunakan robot vacuum cleaner yaitu inframerah atau laser, wifi, kamera, sensor tebing, dan kecerdasan buatan (AI).

Menggunakan dua jenis sikat

Fungsi utama robot vacuum cleaner adalah menyedot debu di dalam ruangan. Alat ini bekerja menggunakan dua jenis sikat, yaitu roller dan spinner. Kedua sikat tersebut akan mengaduk kotoran dan menariknya ke tengah ruang kosong di dalam robot yang disebut tempat sampah internal. 

Menggunakan perangkat bertenaga baterai

Vacuum cleaner model lama juga ada yang menggunakan baterai. Namun, sistem baterai yang digunakan robot vacuum cleaner berbeda dengan vacuum cleaner tradisional.

Sebelum digunakan, robot vacuum cleaner diisi daya atau di-charge terlebih dahulu di titik stasiun pengisi daya. Setelah itu, robot akan bergerak sendiri untuk menyedot debu. Setelah selesai menjalankan fungsinya, robot vacuum cleaner akan kembali ke stasiun pengisi daya dan mematikan dirinya sendiri.