Ulah Hacker Lagi, Kini Disney Kebobolan dan Dimintai Tebusan

Sejumlah film terbaru Disney dilaporkan telah dicuri oleh hacker yang meminta sejumlah uang tebusan

0

Belum reda kehebohan serangan ransomware WannaCry yang menyandera file korbannya, kali ini beredar kabar bahwa Disney sedang menghadapi situasi serupa namun bukan karena WannaCry. Sekelompok hacker disebut telah membobol dan menyandera film-film terbaru Disney, meminta sejumlah uang demi pembebasan film-film tersebut.

Dalam laporan yang dirilis oleh Hollywood Reporter dan Deadline, CEO Disney Bob Iger mengamini kabar soal pencurian film terbaru Disney oleh sekelompok peretas yang menginginkan sejumlah tebusan yang jumlahnya cukup besar. Namun yang menarik, ternyata Disney tak berniat untuk menuruti permintaan penyandera filmnya, dan sedang bekerjasama dengan FBI untuk mengusut kasus ini.

Related Posts
1 of 5

Belum diketahui film apa saja yang berhasil dicuri oleh peretas, namun menurut laporan dari Deadline, di antara sejumlah film yang berhasil dicuri, salah satunya adalah sekuel terbaru the Pirates of the Caribbean. Peretas mengancam akan menyebarkan film-film tersebut satu per satu jika permintaan mereka tidak dipenuhi, kecuali jika FBI bisa mendapatkan kembali film curian tersebut.

Sementara itu menurut salah satu mantan peretas Hector Monsegur yang kini bekerja sebagai informan FBI, semua perusahaan termasuk Disney, Netflix dan Discovery tidak mempunyai tim keamanan yang cukup bagus. Sehingga tak sulit bagi peretas untuk membobol sistem keamanan yang dibuat seadananya. Kendala dana disebut menjadi salah satu penyebab mengapa sejumlah rumah produksi tidak secara serius membentengi sistem mereka dengan baik.