JATIMTECH.com – Tahukah sobat bahaya dari predator menyebabkan hewan membentuk persahabatan yang kuat, menurut penelitian baru. Para ilmuwan dari University of Exeter, Universitas York dan University of West Indies, St Augustine, mengamati ikan guppies Trinidad dan menemukan mereka membentuk suatu keloni yang lebih kuat dan lebih stabil seperti ikatan sosial ketika mereka berpikir ada predator di sekitar daerah mereka.

Menariknya, ikan guppies Trinidad menunjukkan kemungkinan konflik antara mereka yang mana justru bisa membentuk hubungan sosial yang kuat. Ini adalah bukti eksperimental pertama yang dapat meningkatkan intensitas hubungan sosial hewan. Penelitian ini penting dalam upaya kita untuk memahami mengapa ikatan sosial dan persahabatan dapat terjalin, kata penulis pertama Dr Robert Heathcote, dari Pusat Exeter untuk Penelitian di Perilaku Hewan.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan ikan guppy mengenali individu lain dan mengembangkan hubungan sosial yang panjang dan stabil. Dalam penelitian ini, ikan disimpan didalam kolam renang dan beberapa terkena model predator, sementara yang lain tidak. Penelitian ini menunjukkan bahwa Guppies sering bergabung membentuk koloni baru. Para peneliti juga mengukur ikatan sosial dengan melihat seberapa sering ikan berenang bersama-sama. Sementara semua guppy membentuk ikatan sosial yang kuat ketika berhadapan dengan predator, efeknya mereka juga memilih individu yang lebih besar dan lebih berani untuk memimpin koloni tersebut.

Banyak spesies hewan berkumpul dalam kelompok-kelompok sosial yang besar untuk mendapatkan perlindungan dari predator. Tapi para ilmuwan menemukan guppy justru membentuk kelompok-kelompok kecil dalam memperkuat ikatan sosial mereka. Hal ini terjadi karena pemeliharaan hubungan sosial sering membutuhkan pengakuan individu, yang dapat secara kognitif menuntut mereka mematuhi segala perintah pemimpinnya ketika melibatkan koloni dalam jumlah yang besar yang dilansir dari Sciencedaily, kamis (02/02/2017).