Foldable Phone adalah konsep ponsel masa depan, di mana ponsel akan dengan mudahnya ditekuk dan dilipat. Konsep foldable phone pertama kali diperkenalkan oleh Samsung Electronics pada tahun 2013. Seolah tak ingin kalah dari Samsung, Xiaomi juga turut serta menciptakan ponsel lentur.

Xiaomi Foldable Phone

Untuk mewujudkan rencananya tersebut, perusahaan Cina ini telah mengajukan paten. Pengajuan paten oleh Xiaomi menandakan bahwa perusahaan sedang dalam proses pembuatan ponsel lentur.

xiaomi-foldable
Xiaomi Foldable (Gambar : Gizmo China)

Dari rincian yang terdapat dalam dokumen, ponsel terbaru Xiaomi akan memiliki dua layar yang dapat dilipat bersama-sama. Ini termasuk bagian input untuk mengetik dan display. Perangkat tidak akan membuka datar, karena hanya bisa dibuka hingga 160 derajat, tidak 180 derajat.

Pengajuan paten hanya mengungkapkan bahwa Xiaomi sedang mengembangkan smartphone lentur. Meskipun masih belum jelas kapan ponsel fleksibel ini akan diluncurkan, seperti dilansir dari Gizmo China (28/3/2017).

Xiaomi Mi Note 2

xiaomi-mi-note-2
Mi Note 2 (Gambar : Gizmo China)

Sebelumnya, perusahaan Cina telah mengungkapkan teknologi layar fleksibel. Layar ponsel jenis ini telah digunakan pada Xiaomi Mi Note 2. Sehingga, mungkin akan lebih mudah untuk mengadaptasi teknologi dalam mengembangkan smartphone lentur.

samsung-galaxy-x
Samsung Galaxy X (Gambar : Android Headlines)

Samsung Galaxy X

Samsung pertama kali memperkenalkan telepon fleksibel di CES 2013. Ponsel Samsung tersebut disebut dengan Samsung Galaxy X. Pengajuan hak paten, kebocoran dan rumor Samsung Galaxy X pun telah tersebar. Namun hingga kini, divisi Samsung Mobile masih belum menerapkan tanggal peluncuran Galaxy X.

LG, OPPO dan Nokia

Tak hanya Samsung dan Xiaomi, sejumlah perusahaan ponsel cerdas lainnya juga dirumorkan memproduksi foldable phone. Sebut saja LG, OPPO, Nokia dan sejumlah perusahaan lain. Besar kemungkinan, ponsel lentur baru akan selesai dalam jangka waktu beberapa tahun lagi.