Xiaomi Redmi 5A, sekuel dari Xiaomi Redmi 4A telah diumumkan secara resmi oleh perusahaan berbasis di Tiongkok tersebut. Tidak banyak fitur baru yang dibawa ke perangkat ini dibandingkan pendahulunya; bahkan ada elemen yang justru dipangkas.

Xiaomi Redmi 5A baru merupakan smartphone 5 inci dengan resolusi layar HD 720x1280pixels. Prosesor pada ponsel ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 425 SoC yang sama dengan di Redmi 4A juga. RAM-nya juga 2GB. Meski ada spekulasi bahwa Xiaomi mungkin akan merilis versi 3GB dengan dua varian penyimpanan yang lebih lega.

Menyangkut desain dan tampilannya, ponsel baru ini memiliki bodi bernuansa metal namun sebenarnya bukan. Perusahaan mengatakan materialnya lebih baik dan lebih ringan, menjaga berat perangkat hanya 137gms.

Baterai yang dipasang di Xiaomi berukuran 3000mAh (sedikit lebih kecil dari Redmi 4A), namun Xiaomi mengklaim Redmi 5A mampu menyajikan waktu siaga hingga delapan hari. Bagian kamera dilengkapi sensor 13MP di bagian belakang dan 5MP di bagian depan. Ponsel ini mengadopsi Android Nougat dengan MIUI 9 yang menjadi ciri khas Xiaomi. Beberapa fitur yang bakal jadi andalan di Xiaomi Redmi 5A adalah asisten Smart, peluncur aplikasi Smart, pencarian Gambar, balasan cepat dan manajemen notifikasi dan split screen multi-tasking.

Yang paling ditunggu, yakni soal harga. Sudah tersedia di toko online Xiaomi, Redmi 5A ditawarkan seharga $90 dan bisa lebih mahal saat tiba di pasar tujuan.